PEMBERONTAKAN PETA DI CILEUNCA - PANGALENGAN

Tidak hanya di Blitar, asrama tentara PETA ada yang bertempat di Cilacap dan Pangalengan, dan di ketiga tempat tersebut semuanya terjadi p...


Tidak hanya di Blitar, asrama tentara PETA ada yang bertempat di Cilacap dan Pangalengan, dan di ketiga tempat tersebut semuanya terjadi pembontakan terhadap tentara Jepang. Adapun yang akan diulas disini adalah kisah pemberontakan di Pangalengan hasil penelusuran sejarawan Ahmad Mansyur Suryanegara.
Amar Soetisna
Seperti halnya di kedua tempat yang lain, di markas PETA Pangalengan pun tumbuh kesadaran dalam diri setiap prajurit pribumi bahwa boleh – boleh saja mereka mendapat ilmu kemiliteran dari pihak Jepang, tetapi bukan berarti harus selamanya tunduk dan menutup mata terhadap penderitaan rakyat yang ditimbulkan oleh penjajahan Jepang. Oleh karena seorang prajurit bernama Amar Soetisna mengajak rekan – rekannya untuk segera angkat senjata melawan para tentara Jepang. Namun komandan peleton Poniman ( kelak di masa Orde Baru menjabat Menhankam ) membujuk Amar untuk menunda niatnya tersebut karena kekuatan pasukan tentara PETA dinilai masih lemah.
    Tetapi situasi kembali menjadi genting ketika prajurit Soetrisno dituduh pihak Jepang mencuri jatah makanan, dan oleh karenanya harus dihukum tembak. Rupanya Jepang berhasil mengadu domba para prajurit PETA sehingga Omon Abdurachman dan Astika Legono Syarif bersedia menjadi eksekutor hukuman tersebut. Kembali Poniman menjadi penengah dan hukuman pun dibatalkan yang membuat Letda. Yamamoto selaku pelatih marah besar, sebaliknya para tentara PETA mulai merasa antipati terhadapnya.    Rasa antipati tersebut semakin membuncah ketika Yamamoto menampar prajurit Danumiharja karena melakukan suatu kesalahan. Amar Soetisna yang sudah sejak dulu menyimpan benci terhadap para tentara Jepang balas memukul Yamamoto, dan Yamamoto segera pergi ke Cimahi untuk melaporkan insiden tersebut kepada atasannya. Kali ini Amar Soetisna sudah merasa tidak perlu lagi menunda rencana untuk berontak. Maka atas perintah Amar terjadilah pembunuhan terhadap Serda. Hara Gocho yang dilakukan prajurit Sodki dan Patah pada tanggal 4 Mei 1945.
    Tentu saja pihak Jepang tidak tinggal diam, mereka segera mengepung asrama PETA Pangalengan yang dilengkapi dengan panser bersenjata 12,7. Terjadi pertempuran sengit tetapi karena persenjataan yang seadanya membuat para prajurit PETA dapat dilumpuhkan. Para pelaku pemberontakan dapat ditangkap dan dibawa ke markas Kempetai di Jalan Sultan Agung Bandung. Amar Soetisna disiksa kemudian dihukum mati, sampai sekarang makamnya tidak ditemukan. Sementara itu Poniman yang tidak terlibat pemberontakan karena sedang berada di Cimahi untuk mengambil gaji prajurit turut dihukum oleh pihak Jepang karena dinilai tidak bisa membina anak buahnya. Pada akhirnya asrama PETA Pangalengan ditutup. 

COMMENTS

BLOGGER: 4
  1. Trmksh banyak informasinya. Sangat berharga utk mengingatkan bhw bangsa kita adl bangsa terhormat, meskipun ada para pengkhianatnya.

    ReplyDelete
  2. Perlu di kupas lebih lanjut untuk sejarah bangsa, serta penghargaan setinggi-tingginya terutama pelaku sejarah.

    ReplyDelete

Name

Bung Karno,5,Bung Tomo,1,G 30 S,4,Kemerdekaan,1,Orde Baru,3,Orde Lama,4,Otista,1,PETA,1,PKI,7,TNI AU,1,
ltr
item
SenandungWaktu.com: PEMBERONTAKAN PETA DI CILEUNCA - PANGALENGAN
PEMBERONTAKAN PETA DI CILEUNCA - PANGALENGAN
http://4.bp.blogspot.com/-1uZm4TnsoAs/VMs15djDgsI/AAAAAAAAAA4/y4-LC3PfV8E/s1600/AMAR%2BSUTISNA.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-1uZm4TnsoAs/VMs15djDgsI/AAAAAAAAAA4/y4-LC3PfV8E/s72-c/AMAR%2BSUTISNA.jpg
SenandungWaktu.com
https://www.senandungwaktu.com/2015/01/pemberontakan-peta-di-cileunca.html
https://www.senandungwaktu.com/
https://www.senandungwaktu.com/
https://www.senandungwaktu.com/2015/01/pemberontakan-peta-di-cileunca.html
true
5252351844866344919
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content